Jangan Menyalahgunakan Kemerdekaan!

Bacaan:
Supaya setiap orang melepaskan budaknya bangsa Ibrani, baik laki-laki maupun perempuan, sebagai orang merdeka, sehingga tidak ada seorang pun lagi yang memperbudak seorang Yehuda, saudaranya. — Yeremia 34:9

Tanggal: 22 Agustus

Yeremia menyampaikan pesan tentang penghakiman atas Yehuda. Firman Tuhan datang kepadanya saat Raja Nebukadnezar dan pasukannya yang besar sedang mengepung Yerusalem. Pengepungan ini disebabkan karena Raja Zedekia telah memberontak kepada Raja Nebukadnezar.

Saat Nebukadnezar mengepung Yerusalem, terjadi suatu peristiwa penting. Umat Yehuda mengadakan perjanjian untuk membebaskan semua budak bangsa Ibrani. Perbuatan ini melambangkan pertobatan pihak para tuan yang ingin menghormati peraturan tahun sabat—yaitu pembebasan para budak Ibrani setiap tahun ketujuh—yang sudah lama mereka abaikan. Pembebasan (kemerdekaan) bagi para budak ini disebut Tahun Yobel.

Sayangnya, pertobatan mereka berumur pendek dan dangkal. Fakta bahwa mereka membuat perjanjian ini di Bait Suci menunjukkan bahwa mereka membuat perjanjian dengan Tuhan.

Tindakan mengambil kembali budak yang telah dilepaskan itu berarti bahwa mereka telah melanggar perjanjian dan mencemarkan nama Tuhan. Penarikan sementara tentara Babel dari Yehuda mendorong para tuan untuk melanggar janji mereka.

Mereka menyangka bahwa mereka telah aman dan kehidupan segera kembali normal. Namun demikian, Tuhan berkata bahwa Ia akan membawa kembali Raja Nebukadnezar untuk menghancurkan Yehuda (34:8-22).

Jika Anda benar-benar ingin menyenangkan hati Tuhan, apakah Anda telah bertekad untuk memenuhi semua janji Anda kepada Tuhan?

Jangan Menyalahgunakan Kemerdekaan (Tahun Yobel) yang Tuhan sudah tetapkan! Dasar dari Tahun Yobel ini adalah karena Tuhan telah membebaskan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir.  Jika mereka melanggar ketetapan ini ada konsekuensi yang harus ditanggung mereka. Tuhan menyerahkan mereka ke tangan Nebukadnezar.

Pergunakanlah kemerdekaan yang Tuhan berikan seturut kehendak-Nya! (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?