Tepat seperti yang Diperintahkan TUHAN

Bacaan:
Dan Musa melakukan semuanya itu tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, demikianlah dilakukannya.” — Keluaran 40:16

Tanggal: 26 September

Suatu kali atasan saya meminta saya untuk membuat suatu laporan kerja. Dengan segera saya mengerjakannya. Setelah laporan itu saya buat, saya merasa senang dan ingin segera menyerahkan kepada atasan saya. Saya masuk ke ruangan beliau dan menyerahkan berkas-berkas laporan tersebut. Ketika saya menyerahkan laporan itu, atasan saya tampak senang. Melihat beliau senang, saya turut senang.

Tidak berapa lama setelah saya meninggalkan ruangan itu, atasan saya memanggil saya. Ternyata, laporan yang saya buat tidak sesuai dengan perintah beliau. Tampaknya saya kurang konsentrasi ketika beliau memberikan perintah, sehingga laporan yang saya buat salah. Dengan malu hati saya keluar dari ruangan atasan saya dan mengerjakan ulang laporan tersebut, sesuai dengan apa yang beliau perintahkan.

Berbeda dengan Musa. Ketika TUHAN memerintahkan Musa untuk mendirikan Kemah Suci, Musa melakukan semuanya tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya. Tidak ada satu pun yang salah. Harusnya, kita meneladani Musa dalam hal ini. Semua atasan pasti senang jika bawahannya taat dan mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, tepat sebagaimana seharusnya. Bawahan yang seperti ini biasanya mendapat tempat spesial di hati atasannya dan besar kemungkinan ia akan segera mendapatkan promosi.

Demikian juga halnya dalam pelayanan dan kehidupan sehari-hari. Tuhan mau kita taat kepada-Nya dan melakukan semua yang diperintahkan-Nya tepat seperti yang Ia kehendaki. Musa tidak mungkin dapat mengerjakan perintah TUHAN dengan baik, tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya jika ia tidak memiliki hati yang taat.

Selain itu, Musa pun tak mungkin dapat bekerja seperti itu jika ia tidak fokus kepada TUHAN. Memang, agar dapat hidup dan melakukan perintah Tuhan tepat seperti yang Ia kehendaki, paling tidak ada dua syarat yang harus dipenuhi, yaitu taat dan fokus kepada Tuhan.

Hanya orang yang taat dan fokus terhadap Tuhan yang dapat menangkap perintah Tuhan dengan baik, sehingga ia dapat melakukan perintah itu tepat seperti yang Tuhan kehendaki. Dengan demikian, Allah bersuka dan kita menjadi hamba yang berkenan kepada-Nya. Kiranya Tuhan menolong kita agar kita dapat selalu taat dan fokus kepada-Nya, sehingga kita dapat melakukan semua perintah-Nya tepat seperti yang Ia perintahkan. Amin.(SRP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?