Orang Muda Harus Taat Kepada Nasihat Orangtua

Bacaan:
Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu. — Amsal 1:8

Tanggal: 9 Oktober

Setiap orang membutuhkan nasihat karena setiap orang memiliki keterbatasan dalam berpikir dan melihat sesuatu dengan bijaksana. Semakin banyak dan berat tantangan yang dihadapi, semakin kita membutuhkan nasihat.

Itulah sebabnya setiap kita butuh penasihat yang bijak, yang dapat memberikan nasihat yang sehat dan bijak. Bahkan, para raja dan petinggi negara pun memiliki penasihat.

Dengan adanya penasihat, orang memiliki perspektif yang berbeda terkait suatu hal, sehingga tindakan atau keputusan yang diambil tidak hanya berdasarkan pemikiran atau bahkan emosi kita semata. Dalam Ams. 15:22 tertulis: “Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.” 

Orang muda adalah kelompok usia yang sangat memerlukan nasihat dalam sepanjang kehidupan mereka terutama dalam masa muda mereka. Emosi dan nafsu orang muda seringkali membuat banyak orang muda tak mampu melihat dan memahami sesuatu dengan perspektif yang benar. Oleh karena itu, orang muda perlu penasihat.

Orangtua adalah penasihat utama yang Tuhan berikan kepada kita. Salah satu penyebab yang membuat banyak orang muda masa kini terjatuh dalam berbagai persoalan adalah karena mereka tidak taat kepada nasihat orangtua.

Anak dan orangtua adalah dua genarasi yang berbeda, sehingga memiliki banyak perbedaan, baik dalam cara pandang, cara berpikir dan lain sebagainya. Walaupun demikian, bukan berarti orangtua tidak dapat memahami situasi yang dihadapi oleh anak-anak mereka, sehingga tidak dapat memberikan nasihat yang baik.

Jika orang muda ingin hidup berhasil dan diberkati dalam sepanjang kehidupannya, maka ia harus mau mendengarkan didikan ayahnya dan taat kepada ajaran ibunya, sebagaimana yang tertulis dalam Ams. 1:8. Tidak ada orangtua yang mengingankan yang buruk bagi anak-anaknya. Bahkan, semua orangtua pasti menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya.

Sebagai orang yang jauh lebih tua dari anak-anaknya, orangtua sudah terlebih dahulu memiliki banyak pengalaman hidup. Setiap pengalaman bermakna, baik itu pengalaman manis maupun pahit. Dari pengalaman ini para orangtua belajar banyak hal yang dapat mereka nasihatkan kepada anak-anaknya.

Selain itu, orangtua juga sudah dalam tahap kematangan emosi dan berpikir, sehingga mereka mampu melihat sesuatu dengan pandangan dan pikiran yang lebih jernih dibandingkan dengan orang-orang muda. Itu jugalah yang menjadi alasan mengapa orang muda perlu taat kepada nasihat orangtua.

Perlu juga diingat bahwa seperti apapun keadaan orangtua kita, mereka adalah orang penting yang Allah hadirkan sebagai wakil Allah di bumi untuk kita. Allah memberikan otoritas khusus kepada orangtua terhadap anak-anak mereka.

Memang bisa saja terjadi di mana orangtua tidak seperti yang diharapkan. Mungkin ada orangtua yang tidak seideal sebagaimana seharusnya yang diperintahkan oleh Allah, tetapi demi taat kepada Allah, maka orang muda wajib hormat dan taat kepada nasihat orangtua. Pasti ada berkat untuk setiap orang muda yang mau taat kepada nasihat orangtuanya.(SRP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?