Orang Muda Harus Dapat Menggunakan Waktu dengan Bijaksana

Bacaan:
Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, sebelum tiba hari-hari yang malang dan mendekat tahun-tahun yang kau katakan: “Tak ada kesenangan bagiku di dalamnya!” — Pengkhotbah 12:1

Tanggal: 15 Oktober

Setiap orang memiliki waktu yang sama, yaitu hanya 24 jam sehari.  Selain itu, segala sesuatu ada batas waktunya karena di dunia ini tidak ada yang bersifat abadi. Oleh karena itu, setiap waktu dan kesempatan harus digunakan dengan bijaksana.

Masa muda adalah waktu yang sangat ideal. Pada masa muda, umumnya orang ada pada puncak stamina yang bagus karena kesehatan yang masih sangat baik. Semua organ tubuh berfungsi dengan baik dan kemampuan berpikir masih tajam. Secara finansial, orang  sudah mandiri dan mungkin mapan. Semua ini adalah potensi yang harus dipakai oleh orang muda.

Orang muda yang bijaksana akan menggunakan waktu dan semua kesempatan dengan bijaksana. Waktu sudah pasti tidak akan terulang sedangkan kesempatan belum tentu ada lagi. Oleh karena itu, waktu dan kesempatan harus digunakan dengan sebaik-baiknya hingga hidup orang muda benar-benar berarti.

Akan tiba saatnya di mana segala sesuatu tinggal kenangan. Seiring berjalannya waktu, kualitas tubuh dan daya pikir akan berkurang karena faktor usia. Hal ini tentu akan membuat gerakan semakin terbatas. Kesehatan tidak seprima waktu muda, sehingga perlu berbagai diet dan pengobatan. Tidak semua dengan mudah bisa dikonsumsi karena fungsi organ dan sistem percernaan sudah mengalami penurunan. Kualitas indra pendengaran dan penglihatan pun berkurang banyak. Ini alamiah dalam proses kehidupan manusia.

Mempergunakan waktu dengan bijaksana adalah langkah bijak yang harus dilakukan oleh setiap orang di masa mudanya hingga kelak tidak menyesal. Gunakan waktu dan kesempatan dengan sebaik-baiknya. Mohon hikmat dan tuntunan Roh Kudus agar kita memahami apa yang Allah kehendaki untuk kita lakukan.

Mumpung masih sehat, pergilah melayani! Mumpung masih mampu berkata-kata dengan baik, beritakanlah Injil! Mumpung indra pendengaran berfungsi dengan baik, jadilah pendengar yang baik bagi sesama! Mumpung masih ada uang, berbagilah! Mumpung ada kesempatan, kunjungi dan hiburlah orang yang sakit dan menderita! Mumpung masih bisa, layanilah keluarga, berbaktilah pada orangtua! Mumpung masih ada waktu, berdoalah untuk sesama! Mumpung masih sehat, mumpung masih kuat, mumpung ada waktu, mumpung ada kesempatan, lakukanlah yang terbaik yang bisa dilakukan. Layanilah Tuhan, layanilah sesama demi kemuliaan nama-Nya.(SRP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?