Orang Muda Harus Membangun Citra Diri yang Benar

Bacaan:
Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. — Kejadian 1:27

Tanggal: 16 Oktober

Apakah citra diri yang benar itu? Bagaimanakah kita dapat membangun citra diri yang benar? Kalau kita dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan seperti ini, kita mungkin sangat sulit menjawabnya?  Meskipun kita sulit menjawabnya, tetapi ketika kita menemukan jawabannya, kita menjadi mengenali siapa diri kita.

Seperti apa citra diri yang benar itu? Citra diri yang benar itu adalah citra diri yang segambar dengan Citra Allah (Imago Dei).

Allah melihat kita sebagai sosok yang selamanya patut dikasihi. Ia menciptakan kita menurut gambar diri-Nya (Kej. 1:26-27). Kita adalah puncak dari karya-Nya dari seluruh ciptaan-Nya.

Allah melihat kita sebagai sosok yang tak terbatas harga dan nilainya. Seberapa berharga nilai kita bagi Allah? (1 Kor. 6:19-20, 1 Ptr. 1:18-19).

Allah melihat kita sebagai sosok yang kompeten dalam segala hal (Kis. 1:8). Allah memberi kita kuasa-Nya dalam kuasa Roh Kudus yang tinggal dalam diri kita dan menyatakan bahwa kita berkompeten menjadi duta/utusan-Nya. Tuhan sangat mempercayai kita, sehingga Ia meninggalkan kita di bumi untuk menyelesaikan tugas pendamaian yang dimulai Yesus (2 Kor. 5:20).

Dari renungan ini, orang muda belajar kepada Kristus untuk menemukan citra dirinya yang sesungguhnya. Gambaran tentang citra diri Allah sudah diperlihatkan Kristrus ketika Dia hadir di tengah-tengah manusia. Citra diri tersebut sempat terekam dalam memori para murid Kristus yang mereka tuangkan sebagai refleksi iman di Alkitab, khususnya Perjanjian Baru.

Jadi dengan membaca Alkitab dengan tekun dan disiplin, kita dapat membangun citra diri kita sendiri seperti yang Tuhan kehendaki. Mari melakukannya. (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?