Rasul Yakobus Anak Alfeus, Pahlawan Iman yang Memberitakan Injil Kristus

Bacaan:
Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.¬Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya,¬Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus,¬Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. ‚ÄĒ Matius 10:1-4

Tanggal: 28 November

Ada dua murid Yesus bernama Yakobus. Yang pertama Yakobus anak Zebedeus dan Yakobus anak Alfeus. Tradisi pemahaman bapa-bapa gereja pada awal-awal abad Masehi, mereka meyakini bahwa Yakobus anak Zebedeus lebih tua daripada Yakobus anak Alfeus, sehingga kadangkala mereka disebut Yakobus Tua dan Yakobus Muda.

Saya lebih cenderung menyebut mereka, Yakobus Senior dan Yakobus Junior sebagaimana kebiasaan orang Amerika Latin.

Mengenai Yakobus Junior ini, Gereja Ortodoks dan Gereja Katolik Roma agak berbeda menunjuk kepada orang ini. Menurut tradisi Gereja Katolik Roma, Yakobus Junior menunjuk kepada Yakobus saudara Yesus. Gereja Katolik Roma, mengikuti pandangan St. Hyeronimus, meyakini bahwa Yakobus bin Alfeus, Yakobus Saudara Yesus, Yakobus penulis surat rasuli dan Yakobus Muda adalah orang yang sama. Sementara, Gereja Ortodoks dan juga diikuti Gereja Protestan (Gereja Reformasi) menganggapnya sebagai dua orang yang berbeda.

Well ok, kita tidak akan membahas kedua perbedaan maupun persamaan kedua nama tersebut. Kita akan melihat bagaimana kiprah Yakobus anak Alfeus begitu bersemangat memberitakan Injil pasca Pentakosta (turunnya Roh Kudus).

Setelah turunnya Roh Kudus, Rasul Yakobus anak Alfeus, bersama dengan Rasul Andreas, melakukan perjalanan misionaris dan berkhotbah di Yudea, Edessa, Gaza, Eleutheropolis. Mereka mempertobatkan banyak orang di Jalan Tuhan.

Di kota Mesir Ostrazin, Yakobus menyelesaikan karya kerasulannya meemberitakan Injil dengan gugur sebagai seorang martir. Ia mati martir (sahih) dengan disalibkan pada 62M.

Tidak banyak informasi lain tentang Yakobus anak Alfeus ini. Rasul ini tentu saja memegang peran penting dalam gereja mula-mula. Kemungkinan besar dia memainkan peran penting dalam menyebarkan Injil di suatu tempat di Eurasia kuno, di Afrika.

Kalau memang kita ingin bersungguh-sungguh memberitakan Injil Kristus, salah satunya kita dapat meneladani Rasul Yakobus anak Alfeus ini. Sebagaimana janji Kristus mengatakan bahwa Dia memberi kuasa kepada kita untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan (Mat. 10:1). Kristus pun akan memberikan itu kepada kita dalam memberitakan Injil-Nya. (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?