Yosua, Pahlawan Iman yang Membawa Masuk Bangsa Israel ke Kanaan

Bacaan:
Kepada Yosua bin Nun diberi-Nya perintah, firman-Nya: ”Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkau akan membawa orang Israel ke negeri yang Kujanjikan dengan sumpah kepada mereka, dan Aku akan menyertai engkau.” — Ulangan 31:23

Tanggal: 30 November

Dari sekian banyak orang Israel yang keluar (eksodus) dari Tanah Mesir, hanya Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune beserta generasi taat dan setia di padang gurun dapat masuk ke tanah perjanjian. Generasi yang tidak taat kepada TUHAN musnah di padang gurun.

Bacaan renungan kita merupakan firman Tuhan kepada Yosua. Yosua mendapat perintah dari-Nya memimpin bangsa Israel memasuki dan menduduki tanah perjanjian, yaitu: Tanah Kanaan. Kepemimpinan Yosua ini adalah kelanjutan dari kepemimpinan Musa.

Yosua sejak muda memang sudah banyak melayani Musa dalam memimpin bangsa Israel berputar-putar selama 40 tahun di padang gurun. Yosua menyaksikan sendiri bagaimana Tuhan menyampaikan perintah-Nya kepada Musa. Yosua banyak belajar dari kepemimpinan Musa dan bagaimana sikap iman Musa menghadapi kedegilan bangsa Israel.

Melalui hal tersebut, iman Yosua ditempa, sehingga ketaatan dan kesetiaan Yosua kepada TUHAN teruji. Bahkan sampai akhir hidupnya, Yosua tetap taat dan setia kepada TUHAN. Jika kita membaca habis Kitab Yosua, kita tidak menemukan satu kesalahan pun dari Yosua. Mengapa Yosua mampu berbuat seperti itu? Ya karena Yosua tetap taat dan setia kepada TUHAN.

Kita patut mencontoh Yosua karena imannya luar biasa. Tidak mengherankan jika TUHAN mempercayakan umat-Nya ia pimpin memasuki Tanah Kanaan yang TUHAN janjikan kepada nenek-moyang mereka. (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?