Hidup dalam Damai Sejahtera dengan Allah

Bacaan:
Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. — Roma 5:1

Tanggal: 09 Desember

Ada orang memiliki banyak sekali harta kekayaan, jabatan tinggi, berkuasa dan ternama. Rasanya, apapun yang ia inginkan dapat ia peroleh dalam sekejap. Ia dapat melakukan apapun yang ia suka. Suaranya didengarkan oleh banyak orang dan orang-orang itu tunduk padanya. Sepertinya, segala sesuatu bisa diaturnya seturut kehendaknya sendiri. Tampaknya tak ada yang kurang dalam hidupnya.

Tetapi sayang, ia tak dapat menikmati hidupnya dengan baik. Selera makannya tidak sempurna, padahal makanannya adalah makanan mahal dan sangat lezat. Ia tidak dapat tidur dengan nyenyak, padahal kamar dan tempat tidurnya sangat nyaman dan lux. Satu-satunya yang dapat membuatnya tidur adalah obat pemberian psikiater. Dirinya sangat sering berkonflik dengan siapapun. Emosinya cepat tersulut, sangat reaktif dan sangat emosional.

Mengapa demikian? Karena dalam dirinya tidak ada damai sejahtera yang berasal dari Allah. Jika kita tidak memiliki damai sejahtera Allah, maka tak perduli sekaya apapun kita, sepintar apapun kita, seberkuasa apapun kita dan seterkenal apapun kita, hidup kita tidak akan tenang. Hati dan pikiran kita akan dipenuhi dengan berbagai hal negatif seperti kecurigaan, ketakutan, kecemasan, kegelisahan dan hal-hal negatif lainnya. Kita tidak akan dapat menjalani, mengisi dan menikmati hidup dengan baik.

Jika kita tak memiliki damai sejahtera Allah, maka pakaian, perhiasan, dan riasan wajah yang mewah pun tak dapat menolong wajah kita untuk memancarkan cahaya positif. Walaupun kita mengenakan pakaian, perhiasan dan riasan mewah, wajah dan mata tak dapat “berbohong”. Ada ketidakdamaian dalam diri.  

Milikilah damai sejahtera Allah! Damai sejahtera tidak dapat diperoleh melalui fasilitas hidup yang mewah, kemudahan dalam segala hal maupun gemerlapnya harta dunia. Damai sejahtera hanya dapat kita miliki jika kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah.

Hidup dalam damai sejahtera dengan Allah hanya dapat kita miliki jika kita dibenarkan karena iman kepada Tuhan Yesus Kristus. Pembenaran karena iman kepada Kristus yang membuat kita dapat hidup dalam damai sejahtera dengan Allah. Sama halnya seperti Abraham, kita dibenarkan bukan karena perbuatan kita, tetapi karena percaya kepada Allah (Rm. 4:3). Percayalah dan taatlah kepada Tuhan Yesus Kristus! Iman kepada Kristus akan membuat hati dan pikiran kita teduh karena damai sejahtera Allah ada pada kita.

Jika kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah, maka segala kesulitan, permasalahan dan pergumulan tidak akan mengacaukan hati dan pikiran kita. Persoalan boleh ada, tetapi kita tetap dapat hidup dengan tenang, makan dengan enak dan tidur dengan nyenyak. Kita dapat menikmati hidup dengan segala ceritanya bahkan tetap dapat berkarya dengan baik. Kita dapat bersukacita senantiasa. Dengan demikian, hidup kita menjadi produktif,  berguna bagi sesama dan membawa kemuliaan bagi nama Tuhan.(SRP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?