Miliki Hidup Baru Agar Kita Menjadi Ciptaan Baru

Bacaan:
Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. — 2 Korintus 5:17

Tanggal: 09 Januari

Sebenarnya bacaan renungan kita hari ini adalah refleksi iman yang Rasul Paulus sampaikan bagi kita. Paulus menegaskan apakah kita ingin menjadi ciptaan baru atau tidak?

Jika kita ingin menjadi ciptaan baru syaratnya hanya satu, yaitu: hidup di dalam Kristus. Pertanyaan kita adalah bagaimana kita dapat hidup di dalam Kristus?

Rasul Paulus menguraikan bahwa agar kita dapat hidup di dalam Kristus, maka kita harus meninggalkan tabiat, perilaku, dan sifat yang buruk. Semuanya itu kita harus tinggalkan dan tanggalkan.

Tentu ini tidak mudah bagi kita yang sudah terbiasa bermain di “lumpur” dosa. Kita menjadi kotor. Karena itu, kita harus meminta pengampunan dosa kepada Tuhan. Jika kita sungguh-sungguh mengakui segala dosa dan kejahatan kita, Tuhan yang Mahaadil sekaligus Mahakasih akan mengampuni kita dan membersihkan kita dari kotoran dosa.

Kini kita menjadi bersih, kudus, dan berkenan di hadapan-Nya. Seperti Paulus katakan: “Yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”

Inilah yang Paulus maksudkan sebagai ciptaan baru. Artinya kita sekarang sudah memiliki hidup baru di dalam Kristus. Adapula orang Kristen menyebutnya lahir baru. Tuhan sudah memberikan hati yang baru di dalam kita. Oleh Roh Kudus, kita memperoleh pemahaman yang baru.

Kita tidak lagi melihat banyak hal dengan cara yang sama. Kita menyadari betapa teberkatinya kita karena memiliki Tuhan yang begitu mengasihi kita, sehingga Dia rela untuk datang ke dunia dan menyelamatkan diri kita yang berdosa ini.

Kiranya Saudara hari ini sungguh-sungguh sudah memiliki hidup baru. Tuhan Yesus memberkati. (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?