Kebiasaan Hidup Baru Seperti Apa?

Bacaan:
Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup. — 1 Yohanes 2:6

Tanggal: 19 Januari

Renungan kita hari ini mengajak kita untuk melakukan kebiasaan hidup sebagai anak-anak Tuhan. Kita harus melatih diri untuk mengembangkan kebiasaan-kebiasaan hidup yang benar sesuai dengan firman Tuhan.

Pada ayat di atas, Rasul Yohanes menegaskan bahwa kita harus menjadikan Kristus sebagai teladan dalam segala hal (perkataan dan perbuatan).

Mengapa kita harus mengembangkan kebiasaan hidup yang benar? Karena kita sudah menjadi ciptaan baru di dalam Kristus. Kita tidak lagi hidup bermain-main dengan dosa dan harus meninggalkannya dan menanggalkannya.

Saudara harus membiasakan hidup sesuai Sabda Tuhan dengan meninggalkan kebiasaan hidup ‘manusia’ lama dan melatih diri membentuk kebiasaan hidup yang baru. Ini harus dilakukan dengan kerelaan hati dan tanpa ada paksaan dari pihak lain.

Apa yang menjadi kebiasaan Saudara? Lebih suka main HP daripada baca Alkitab, berdoa hanya saat butuh, atau apa?

Kalau Saudara sudah bertekad memulai hidup baru, maka aktivitas Saudara harus memiliki makna terutama bagi Saudara dan sesama. Bermain HP memang perlu, tetapi utamakan dahulu membaca Alkitab agar hari-hari Saudara dalam tuntunan firman-Nya. Demikian pula halnya berdoa. Kita berdoa untuk menyatakan rasa syukur kita atas kasih, kemurahan, dan pertolongan Tuhan.

Saudara harus bijak memutuskan aktivitas apa yang berguna, positif, dan konstruktif. Jika tidak memenuhi syarat tersebut, ada baiknya tinggalkan saja. Mintalah hikmat Tuhan untuk mengambil keputusan tersebut.

Terakhir, kebiasaan-kebiasaan kita yang sesuai dengan teladan Kristus pada akhirnya akan membentuk karakter kita. Tuhan tidak menghendaki kita menjadi orang-orang Kristiani yang biasa-biasa saja, melainkan seorang Kristiani yang selalu menjadi teladan dalam segala hal. (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?