Kasih dan Pengorbanan

Kasih dan Pengorbanan

Bacaan:
Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.” — Kejadian 22:2

Tanggal: 01 Maret

Kasih dan pengorbanan adalah dua kata yang tidak dapat terpisah dan saling mengikat. Setiap orang yang sungguh mengasihi pasti berani berkorban seperti berkorban materi, waktu, tenaga, dan bahkan nyawanya. Hal seperti itu Tuhan Yesus sudah tunjukkan kepada kita dengan mengorbankan dan menjadikan diri-Nya kurban sebagai tanda Dia mengasihi kita.

Sebelum kedatangan Yesus ke dunia ini untuk menyelamatkan umat manusia dari hukuman dosa, Abraham pun menunjukkan kasih dan pengorbanan tersebut. Kita mengetahui bahwa Abraham pasti sangat mengasihi anaknya Ishak, tetapi Abraham jauh lebih mengasihi Allah. Karena itu, ketika Allah memerintahkan Abraham untuk mempersembahkan Ishak sebagai korban bakaran, Abraham tidak mempertanyakan Allah. Inilah bukti kasih dan pengorbanan Abraham kepada Allah. Walaupun pada akhirnya Allah hanya menguji iman Abraham dan Ishak tidak jadi korban persembahan, tetapi seekor domba sudah Allah siapkan menggantikan Ishak.

Abraham sekian lama bergaul dengan Allah, sehingga dia mengenal dan mengasihi Allah melebihi Ishak. Dengan mengenal Allah akan lebih mudah bagi kita untuk memberi korban dan taat akan perintah-perintah-Nya. Kita tahu bahwa Allah tidak pernah merancangkan yang jahat buat kita, melainkan untuk melindungi dan memberkati kita anak-anak-Nya.

Kasih merupakan dasar dari semua perintah. Segala bentuk korban kepada Tuhan tidak akan berguna, apabila tidak berdasarkan kasih. Motivasi kita berdasarkan kasih menentukan kualitas pengorbanan kita, karena tanpa kasih maka pemberian korban menjadi sesuatu tindakan munafik.

Makin kita mengerti arti pengorbanan, maka kita makin berani membayar sebuah harga yang mahal untuk berkorban. Karena pengorbanan harus dibuktikan dengan suatu harga yang harus dibayar. Apakah itu penderitaan, tekanan hidup, penolakan orang, bahkan kematian. (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?