MENSTIMULASI ANAK AGAR GEMAR MEMBACA ALKITAB

Oleh: Susi Rio Panjaitan

Di masa ini penyesatan semakin banyak. Selain itu, kesulitan, tantangan dan godaan dalam kehidupan dapat membuat iman orang menjadi lemah. Bahkan banyak yang akhirnya memilih meninggalkan Kristus. Padahal, Yesus sudah dari jauh-jauh hari memberitahukan hal ini. Dalam Matius 7:15 Yesus berkata: “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.”Yesus juga mengatakan bahwa banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang (Matius 24:11). Mengapa banyak orang yang imannya menjadi lemah bahkan gugur imannya hanya karena perkataan orang-orang tertentu atau karena persoalan hidup? Jawabannya adalah karena mereka tidak sungguh-sungguh menghidupi firman Tuhan. Mengapa ada orang yang tidak menghidupi firman Tuhan? Salah satunya adalah karena mereka tidak mengetahui dengan jelas firman Tuhan. Mengapa mereka tidak mengetahui dengan jelas firman Tuhan?  Mereka tidak mengetahui firman Tuhan dengan jelas karena mereka tidak suka membaca Alkitab.

Banyak orang Kristen memiliki Alkitab tetapi sayangnya mereka tidak suka membaca Alkitab. Membaca (termasuk membaca Alkitab) adalah masalah serius di negeri ini. Dikabarkan bahwa minat membaca orang Indonesia sangat rendah. Padahal, minat baca sangat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan solutif pada individu. Tidak heran, karena tidak suka membaca, emosi kita gampang tersulut, mudah terprovokasi dan gampang termakan hoaks. Kita juga  mudah ditipu oleh nabi-nabi palsu karena kita tidak suka membaca Alkitab. Kita mudah salah jalan, beriman lemah dan gampang gugur iman karena kita tak mengetahui apa yang Allah katakan tentang diri kita dan hidup ini. Dalam 2 Timotius 3:15-16 tertulis: “Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Yesus Kristus. Segala tulisan yang diilhamkan oleh Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.” Orang Kristen (pengikut Kristus) meyakini bahwa Alkitab adalah tulisan yang diilhamkan oleh Allah. Jadi, dengan membaca Alkitab dan meyakini semua yang tertulis di dalamnya, iman seseorang pasti bertumbuh, berakar dan berbuah. Membaca Alkitab seharusnya menjadi kesesukaan kita karena merupakan kebutuhan yang sangat primer.

Oleh karena itu, kesukaan membaca Alkitab pada anak harus ditumbuhkembangkan sedari dini.  Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan guna menstimulasi anak agar gemar membaca Alkitab.

Mengajarkan tentang Tuhan Yesus kepada Anak

Dalam Alkitab tertulis dengan jelas tentang cinta Tuhan Yesus yang sangat besar kepada umat manusia. Dengan meyakini betapa Tuhan Yesus sangat mengasihinya, anak akan terdorong untuk membaca Alkitab.

Gemar Membaca Alkitab

Anak adalah individu yang sedang dalam proses perkembangan kognitif. Oleh karena itu, ia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Apabila orangtua gemar membaca Alkitab dan memiliki kebiasaan membaca Alkitab setiap hari, maka anak akan penasaran dengan apa yang dibaca oleh orangtuanya. Selain itu, hal ini akan menjadi teladan indah yang dapat diikuti anak.

Memperkenalkan Alkitab kepada Anak sedari Dini

Alkitab harus diperkenalkan kepada anak sejak dini. Beri tahu kepada anak apa itu Alkitab dan apa isinya! Sampaikan dengan cara yang sederhana, dengan bahasa yang dipahami oleh anak dan dengan cara yang menarik! Ijinkan anak untuk membuka-buka Alkitab! Ini dapat membuat anak menjadi penasaran sehingga ingin membaca Alkitab.

Membuat Ibadah Keluarga

Ibadah keluarga yang dilakukan dengan teratur dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk menumbuhkembangkan minat membaca Alkitab pada anak. Jika anak sudah bisa membaca, maka anak dapat dilibatkan dalam membaca Alkitab saat ibadah keluarga.

Membuat Jadwal dan Panduan Membaca Alkitab setiap Hari

Membuat jadwal membaca Alkitab setiap hari dapat membantu anak menjadi disiplin membaca Alkitab. Jadwal sebaiknya dibuat berdasarkan kesepakatan bersama. Misalnya: membaca sebanyak satu pasal sehari dengan urutan yang teratur. Jika anak berhasil disiplin dengan jadwalnya, maka orangtua dapat memberikan hadiah. Hadiah adalah hal yang disukai oleh anak dan dapat menstimulasi kegemaran membaca Alkitab pada anak.

Membacakan Alkitab

Untuk anak yang belum bisa membaca, kesukaan membaca Alkitab pada anak dapat distimulasi dengan cara membacakan Alkitab. Bacakanlah Alkitab dengan suara dan cara yang menarik! Cara ini akan membuat anak tertarik, berkonsentrasi penuh dan bertahan mendengarkan hingga Alkitab selesai dibacakan. Membaca Alkitab dengan menarik akan membuat anak menjadi tertarik dengan Alkitab dan akan menimbulkan minat membaca Alkitab dalam diri anak. Selain itu, beritahukan juga kepada anak cerita-cerita yang ada di Alkitab dan minta anak untuk memilih cerita mana yang ia inginkan untuk dibacakan saat itu! Membacakan Alkitab juga harus dengan teratur sehingga menjadi kebiasaan.

Memberikan kepada Anak Alkitab Khusus untuk Anak-anak

Alkitab untuk anak-anak biasanya tidak selengkap Alkitab biasa dan dilengkapi dengan berbagai gambar yang mendukung. Walaupun demikian, ini dapat menarik minat anak untuk membaca. Mungkin awalnya anak hanya membuka-buka saja. Hal itu tidak masalah.

Membuat Games atau Kuiz Alkitab

Membuat games dan kuiz Alkitab yang menarik dapat menstimulasi minat anak untuk membaca Alkitab. Jika anak rajin membaca Alkitab, maka pengetahuan Alkitabnya semakin baik sehingga ia dapat bermain games dan kuiz dengan baik.

Mengajak Anak Berkunjung ke Museum Alkitab

Di museum Alkitab anak akan belajar banyak hal terkait Alkitab termasuk belajar tentang sejarah Alkitab. Mengajak anak berkunjung ke museum dapat menstimulasi anak untuk gemar membaca Alkitab.

Memberikan Buku-buku Seri Cerita Alkitab

Dengan memberikan buku-buku seri cerita Alkitab kepada anak dapat membuat anak tertarik dengan Alkitab. Akan tetapi, jangan lupa memberitahukan kepada anak bahwa cerita-cerita yang ada di buku-buku tersebut sesungguhnya ada tertulis di dalam Alkitab.

Memberikan Ayat Hafalan

Pemberian ayat hafalan akan mendorong anak membuka dan membaca Alkitab. Jika anak sudah bisa membaca, cukup diberikan pasal dan ayatnya saja. Biarkan anak yang mencari sendiri ayat tersebut di dalam Alkitab!

Mendorong Anak Membuat Ringkasan Bacaan dari Alkitab

Ketika libur sekolah anak dapat diberi tugas untuk membuat ringkasan dari apa yang dibacanya di Alkitab. Ketentuannya, misalnya: dengan minimal 5 kalimat dan maksimal 10 kalimat. Semakin banyak topik/cerita yang dapat diringkas oleh anak, maka semakin menarik hadiah yang akan ia peroleh. Kegiatan seperti ini dapat mestimulasi meningkatkan minat membaca Alkitab pada anak.

Mendorong Anak agar Rajin ke Gereja/Sekolah Minggu

Di gereja/sekolah minggu anak akan belajar Alkitab dengan teratur dan terstruktur. Ini akan sangat membantu untuk menstimulasi minat membaca Alkitab pada anak.

Mendorong Anak untuk Mengikuti Kelas Pendalaman Alkitab atau Bible Camp

Dengan mengikuti kelas pendalaman Alkitab atau Bible Camp, minat membaca Alkitab pada anak dapat ditingkatkan.

Mendorong Anak untuk Menceritakan Cerita Alkitab

Anak dapat didorong untuk bercerita tentang cerita Alkitab, baik bercerita kepada orangtuanya maupun kepada kakak atau adiknya. Jangan lupa memberikan apresiasi kepada anak! Selain itu, anak juga dapat didorong untuk mengikuti lomba bercerita cerita Alkitab. Misalnya mengikuti lomba bercerita cerita Alkitab yang diadakan oleh gereja atau sekolah.  Kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menstimulasi anak sehingga gemar membaca Alkitab.

Mendorong Anak Masuk dalam Kelompok Membaca Alkitab

Jika anak sudah bisa membaca, anak dapat didorong untuk masuk dalam kelompok membaca Alkitab. Pilih kelompok dimana anggota kelompoknya terdiri dari anak-anak yang seusia dengan anak. Anak-anak dalam kelompok dapat saling memberi semangat sehingga semua anak menjadi suka membaca Alkitab. (SRP)

 

2 thoughts on “MENSTIMULASI ANAK AGAR GEMAR MEMBACA ALKITAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?