Pengorbanan Kristus Membawa Perubahan Hidup Manusia

Bacaan:
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma cuma, karena penebusan dalam Kristus Yesus.” — Roma 3: 23-24

Tanggal: 02 Maret

Bacaan renungan kita hari ini tegas menyatakan bahwa semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. Sejak Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, tidak ada satu pun manusia yang tidak berdosa. Itulah dosa turunan karena manusia mewariskan dosa itu turun-temurun mulai dari keturunan Adam dan Hawa hingga manusia pada masa yang akan datang. Rantai dosa turunan terus-menerus sambung-menyambung tidak ada manusia yang mampu memutuskan rantai tersebut. Barulah sejak Kristus Yesus mati di kayu salib, rantai dosa keturunan tersebut putus dan Kristus menebusnya dengan nyawa-Nya.

Rasul Paulus menggambarkan ini sebagai kasih karunia Allah dengan membenarkan kita secara cuma-cuma. Artinya penebusan dosa dari Kristus itu gratis dan Kristus sudah bayar lunas dosa kita kepada Allah. Kristus menjadi perantara (mediator) kita dan pembela kita. Ini sebuah anugerah Allah yang patut kita syukuri dan jangan menyia-nyiakannya dengan meninggalkan iman kita kepada Kristus.

Selanjutnya, Rasul Paulus menjelaskan bahwa pengorbanan Kristus adalah suatu penderitaan yang Kristus lakukan sampai kematian-Nya di kayu salib karena menanggung dosa-dosa dunia. Tindakan ini berdasarkan pada kasih Allah kepada manusia.

Rasul Paulus juga menjelaskan tentang dampak dari sebuah pengorbanan. Pengorbanan Tuhan Yesus bukanlah suatu perbuatan yang sia-sia, melainkan berdampak terjadinya perubahan status dalam kehidupan manusia. Manusia berdosa tidak benar di hadapan Allah, tetapi Allah telah membenarkan kita melalui penebusan dosa dari Kristus di kayu salib.

Jadi manusia hanya dapat memperoleh keselamatan melalui kasih karunia Allah, yaitu: melalui iman dalam penebusan oleh Kristus Yesus. (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?