Berbahagialah Kita yang Percaya Kebangkitan Kristus Meskipun Tidak Melihat

Bacaan:
“Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya. — Yohanes 20:25

Tanggal: 13 April

Saudara, salah satu murid Yesus yang cukup mengagetkan murid-murid Yesus lainnya adalah Tomas. Tomas rupanya bukan tipe orang yang mudah percaya atas perkataan orang lain sebelum dia melihat langsung fakta atau buktinya. Walaupun murid-murid-Nya berkata benar bahwa mereka melihat Tuhan Yesus sudah bangkit, tetapi Tomas tetap tidak percaya.

Apakah sikap Tomas tersebut salah atau benar? Tentu di antara kita pasti ada pro dan kontra terhadap sikap Tomas tersebut.

Manusia yang memiliki sikap seperti Tomas tersebut banyak kita temukan dalam zaman now. Di satu sisi kita sepakat kalau Tomas ada benarnya juga. Sebaliknya, di sisi lain ada yang menganggap kalau sikap Tomas tersebut tidak pantas dia ucapkan demikian kepada teman-temannya. Padahal semua temannya mengonfirmasi bahwa mereka melihat Tuhan Yesus bangkit. Tomas seharusnya percaya atas kesaksian mereka.

Melihat keragu-raguan Tomas tersebut, Yesus secara khusus langsung hadir di hadapan Tomas di tengah-tengah para murid-Nya. Kemudian Ia berkata kepada Tomas: ”Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”

Apakah Tomas langsung mencucukkan tangannya ke bekas paku di tangan Yesus dan di lambung Yesus. Tidak ada penjelasan Injil Yohanes mengenai hal tersebut. Alih-alih, justru Tomas langsung berkata: ”Ya Tuhanku dan Allahku!”

Kemudian Yesus menjawab: ”Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

Perkataan Yesus yang terakhir ini menjadi jaminan kepastian dan kebenaran kepada kita bahwa Yesus sudah bangkit. Meskipun hidup Saudara belum/tidak pernah melihat tubuh kebangkitan Yesus, tetapi jika Saudara percaya maka Saudara adalah orang yang berbahagia di mata Tuhan. (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?