Mendidik dalam Kebenaran

Bacaan: 2 Timotius 3:10-17

Ayat Emas:
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. — 2 Timotius 3:16

Tanggal: 21 Mei

Di era tahun 80-an ada satu film yang sangat terkenal yang berjudul “Arie Hanggara”. Cerita tersebut diangkat dari kisah nyata. Seorang anak dianiaya oleh ayah kandungnya dan ibu tirinya. Penganiayaan tersebut menyebabkan Arie Hanggara meninggal dunia dan ayahnya dipenjara.

Peristiwa kekerasan pada anak yang dilakukan oleh orangtua sampai saat ini masih sering terjadi. Perilaku kekerasan dianggap sebagai upaya orangtua dalam mendidik anak. Banyak orang tidak mau melakukan tindakan apapun untuk melindungi anak jika melihat ada  anak yang mengalami kekerasan dari orangtuanya karena takut dianggap ikut campur urusan orangtua dalam mendidik anak.

Memang, mendidik anak adalah tugas dan tanggung jawab orangtua, tetapi orangtua harus bijaksana dalam praktek mendidik anak-anaknya. Jangan sampai orangtua berpikir ia sedang mendidik anaknya, padahal sesungguhnya ia sedang menganiaya anaknya, seperti halnya ayah kandung dan ibu tiri Arie Hanggara.

Dalam 2 Timotius 3:16 tertulis:“Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.”

Kitab Suci harus menjadi pedoman dalam mendidik anak dalam kebenaran, sehingga imannya kepada Kristus bertumbuh. Bukan asumsi dan juga bukan emosi orangtua yang menjadi pedoman dalam mendidik anak. Dalam Kitab Suci tertulis segala hal yang dibutuhkan orangtua untuk mendidik anak-anaknya.

Jadi, agar dapat mendidik anak-anaknya dalam kebenaran, para orangtua harus suka membaca Kitab Suci dan mau belajar dari Orangtua Agung kita, yaitu Bapa Surgawi melalui Tuhan Yesus Kritus. Ia akan menolong dan memampukan kita mendidik anak-anak kita dalam kebenaran seperti yang Ia kehendaki.(SRP)  

Mari Kita Berdoa:

Ampunilah kami ya Bapa atas kesalahan kami dalam mendidik anak-anak kami. Berikan kami hikmat dan kemampuan agar dapat mendidik anak-anak kami dalam kebenaran sehingga iman mereka bertumbuh. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?