Takut akan Tuhan, Ajarlah dan Didiklah Mereka

Takut akan Tuhan

Bacaan:
Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan. — Amsal 1:7

Tanggal: 25 Mei

Apa artinya takut akan Tuhan? Ini bukan berarti Tuhan itu menakutkan, tetapi kita memang harus menghormati dan menaati Tuhan. Ada rasa gentar dalam diri jika kita tidak mengindahkan Tuhan.

Karena itu, penulis Amsal sejak awal menyatakan permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan. Baginya hal ini bermakna mengenal Yang Mahakudus. Selain itu, ini juga adalah dasar yang sejati dari hikmat yang perlu diajarkan dan dididik kepada anak-anak kita.

Jadi orangtua yang sukses mendidik anaknya adalah mampu menanamkan rasa takut akan Tuhan secara tepat di dalam diri anaknya.

Saudara, kita melihat setidaknya ada dua aspek terkait renungan kita hari ini. Kita akan bahas kedua aspek tersebut.

Aspek pertama adalah penghormatan. Kita menunjukkan rasa hormat atas kesucian dan kekudusan mutlak dari Tuhan. Karena itu, kita memuja dan memuji Tuhan sebagai Yang Mahamulia.

Aspek kedua adalah ketaatan atas segala firman-Nya. Iman kita berlandaskan ketaatan kita kepada Tuhan. Kita mengindahkan segala firman-Nya dan menjadi pelaku firman. Karena itu, Yakobus mengatakan iman tanpa perbuatan adalah kesia-siaan. Perbuatan yang dimaksudkan di sini adalah ketaatan kita kepada Tuhan. Jadi tidak ada gunanya kita beriman, tetapi kita tidak taat kepada Tuhan.

Ketika kita mengajarkan dan mendidik anak kita dengan kedua aspek tersebut, maka anak kita tidak akan berani berbuat dosa karena dia takut akan Tuhan. Anak kita akan berusaha menjaga kekudusannya karena dia menghormati Tuhan (aspek pertama). Demikian pula anak kita akan menjaga kesetiaannya kepada Tuhan dengan menaati-Nya (aspek kedua).

Karena itu, sejak usia dini, ajarlah dan didiklah anak kita takut akan Tuhan. Inilah permulaan pengetahuan itu, yaitu: pengenalannya kepada Tuhan yang menambahkan hikmat dalam hidupnya. Tuhan senantiasa akan menuntun hidupnya sampai masa tuanya. Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberkati Saudara, anak Saudara, dan keluarga Saudara. Amin. (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?