Lakukanlah Semuanya Itu dengan Setia

Lakukanlah Semuanya

Bacaan:
Maka lakukanlah semuanya itu dengan setia, seperti yang diperintahkan kepadmu oleh TUHAN, Allahmu. Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri. — Ulangan 5:32

Tanggal: 01 Juni

Kita sangat sulit menemukan manusia yang setia. Walaupun ada mungkin 1 berbanding jutaan. Orang yang setia adalah orang yang sudah teruji imannya dan hidupnya selalu dalam lindungan Tuhan.

Kesetiaan adalah sifat atau lebih tepatnya karakter yang tidak mudah manusia lakukan. Karena itu, kita sulit menemukan manusia yang setia.

Jarang sekali orang mau setia ketika harapannya tidak seperti kenyataan. Orang condong mau setia jika ada imbalan, tidak rugi atau untung, tidak kehilangan, bermanfaat baginya, dan sebagainya. Kalau tidak demikian, maka dia akan berpikir ulang.

Begitulah rata-rata sifat manusia. Dia lebih mementingkan egonya dari kepentingan yang lain, termasuk dalam mengikut Tuhan. “Ok, saya akan ikut Tuhan asalkan… (lanjutkan sendiri),” gumamnya.

Padahal sebenarnya dalam Ul. 5:32 tegas berkata: “Maka lakukanlah semuanya itu dengan setia, seperti yang diperintahkan kepadmu oleh TUHAN, Allahmu. Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri.”

Sebaliknya, kita seringkali tidak setia dan hati kita mudah berubah. Tidak sedikit yang awal mulanya begitu setia melayani Tuhan, namun seiring berjalannya waktu, kesetiaan itu mulai luntur. Terbentur masalah sedikit, kita tidak lagi setia melayani Tuhan.

Sesungguhnya Tuhan cuma minta kita taat pada perintah-Nya. Jangan menyimpang tengok kiri dan tengok kanan. Kalau sudah tengok kiri dan kanan, kita bakal terpengaruh. Akhirnya, perintah Tuhan kita abaikan.

Saudara, sadarlah bahwa untuk meraih segala sesuatu (mimpi, cita-cita, dan harapan), kita harus setia. Segala sesuatu yang kita kerjakan pasti akan membuahkan hasil secara maksimal apabila kita melakukannya dengan setia.

Bagaimana dengan kita saat ini? Bisakah kita setia? Kiranya kita masih tetap menunjukkan kesetiaan kita kepada Tuhan dan tidak menyimpang ke kiri dan ke kanan. Kita tetap melakukan kehendak Tuhan dalam hidup kita. (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?