Tenggat Waktu Tidak Ada dalam Kesetiaan

Bacaan:
Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. — Matius 24:45-46

Tanggal: 05 Juni

Hidup kita terkadang ada tenggat waktunya. Para pelajar memiliki tenggat waktu mengumpulkan tugas. Para pegawai ada tenggat waktu pekerjaan dan tanggung jawab mereka.

Terkait tenggat waktu, apakah kesetiaan menanti kedatangan Kristus kali kedua ada juga tenggat waktunya? Ternyata tidak ada. Kita setia kepada Tuhan tanpa ada tenggat waktu. Kalau demikian apakah kita jelas tujuan akhirnya jika kita setia kepada Tuhan tanpa tenggat waktu?

Begini jawaban Tuhan. Tuhan Yesus memberikan perumpamaan yang jelas tentang hal ini. Kedatangan Anak Manusia itu bagaikan seorang pencuri masuk ke dalam rumah kita. Ada juga perumpamaan lain tentang 5 gadis bodoh dan 5 gadis bijaksana. Keduanya menjelaskan tentang kesetiaan tanpa ada tenggat waktu dan tidak ada satu pun yang mengetahuinya kecuali Bapa.

Jadi kita harus sadar bahwa kesetiaan itu tidak ada batas waktunya. Selagi kita di dunia ini, tugas utama kita adalah tetap setia menantikan waktunya Tuhan. Sampai kapan? Tidak ada seorang pun yang pernah tahu. Bahkan Anak pun tidak tahu kecuali Bapa. Bagian kita adalah menantikan dengan setia janji Tuhan bagi kita.

Tuhan melatih kesetiaan kita melalui waktu. Apakah Tuhan mengulur-ulur waktu untuk menjawab setiap doa kita dan kita setia kepada-Nya?

Saudara, kita tidak perlu tahu dan cemas kapan waktunya. Tuhan tahu apa yang terbaik bagi kita. Tugas kita adalah tetap setia pada firman-Nya dan tidak menyimpang ke kanan dan ke kiri. Ingatlah bahwa waktu (kairos) Tuhan indah pada waktunya (Pkh. 3:11).

Sebab kita tidak pernah tahu kapan waktu Tuhan akan tiba. Pastikan bahwa hati tetap bersih dalam hidup kita. (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?