Setia dalam Mengikut Yesus

Bacaan:
Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.” — Matius 16:24

Tanggal: 07 Juni

Mengikut Yesus Kristus berbeda dengan beragama. Walaupun di KTP kita tercantum agama Kristen, tetapi belum tentu kita menjadi pengikut Kristus. Artinya seseorang bisa saja berbakti di gereja, tetapi judi jalan terus. Rajin ke gereja, tetapi mabuk masih dia lakukan tiap minggu. Ikut pelayanan gereja, tetapi dia tidak pernah melakukan apa yang Firman Tuhan perintahkan.

Saudara, hal-hal seperti ini julukannya beragama, tetapi bukan menjadi pengikut Yesus. Mengikut Kristus bukanlah suatu pilihan, tetapi panggilan. Alkitab tidak mengajarkan mengenai pengambilan keputusan untuk menjadi pengikut Kristus sebagai suatu pilihan, tetapi ini merupakan panggilan.

Apakah Saudara pernah mendengar dan bahkan dapat menyanyikan lagu: “Mengikut Yesus Keputusanku?” Lagu itu terinspirasi dari kisah nyata satu keluarga Kristen di India dieksekusi satu per satu anggota keluarganya. Si bapak diminta untuk menyangkal Yesus. Kalau tidak mau, maka istri dan anak-anaknya ditembak mati satu per satu. Tinggallah si bapak itu sendiri diminta untuk menyangkal Yesus. Dor…, bapak itu pun mati karena tetap setia mengikut Yesus.

Jadi kalau kita sungguh-sungguh ingin mengikut Yesus, Yesus katakan sangkal diri, memikul salib sendiri, dan mengikut-Nya (Mat. 16:24).

Menyangkal diri berarti menyangkal keinginan daging kita: ego, ambisi, pikiran, perasaan dan kehendak diri sendiri, lalu bertekad melakukan apa yang Tuhan Yesus kehendaki.

Memikul salib berarti mau menderita bagi Kristus, menderita bisa berupa perlakuan tidak adil, dibenci, dikucilkan, diintimidasi oleh orang lain karena status kita sebagai pengikut Kristus.

Mengikut Yesus artinya taat melakukan firman Tuhan.

Kalau demikian, apakah status Saudara? Pengikut Kristus atau sekadar beragama Kristen? (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?