Setia pada Komitmen

Bacaan:
Lalu aku memanggil para imam dan menyuruh mereka bersumpah, bahwa mereka akan menepati janji mereka. —Nehemia 5:12

Tanggal: 22 juni

Pernahkah Saudara membuat janji? Mungkin kita pernah membuat janji lebih dari satu kali. Apakah janji itu kepada diri sendiri, orang lain atau Tuhan? Janji kepada Tuhan biasanya kita sebut nazar.

Di Alkitab kita pernah membaca tokoh Alkitab yang membuat janji atau nazar. Contoh, Hana bernazar jika dia punya anak maka anaknya akan ia serahkan kepada Tuhan. Setelah Samuel lahir, Hana lalu menyerahkan anaknya kepada Tuhan. Di sini Hana menepati nazar atau janjinya kepada Tuhan.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita lebih sering menepati janji atau mengingkarinya? Saudara, kita menepati janji itu suatu kebajikan. Apalagi janji itu kita ucapkan di hadapan Tuhan dan sesama.

Banyak orang mengikrarkan janji untuk saling setia, namun begitu persoalan-persoalan menghadang hidup, orang gampang mengingkarinya. Orang begitu mudah meninggalkan komitmennya untuk mencari komitmen yang baru.

Pertanyaannya, mengapa hal ini terjadi dalam hidup manusia? Hal ini bisa terjadi karena manusia kurang punya iman yang mendalam kepada Tuhan. Orang merasa bahwa suatu janji itu hanya main-main atau suatu peristiwa yang terjadi di antara dua orang saja.

Sebenarnya tidak. Janji itu memiliki sifat sosial dalam kehidupan bersama. Orang yang gampang mengingkari janji itu biasanya sering menumbuhkan ketidakharmonisan di dalam hidup bersama.

Karena itu, sebagai orang beriman, kita harus berusaha untuk setia pada janji atau komitmen yang telah kita buat. Kita butuh suatu semangat berkorban. Artinya, orang harus mengorbankan kepentingan diri sendiri. Orang harus mulai membangun suatu sikap untuk memenuhi kepentingan bersama.

Mari kita berusaha tetap setia pada komitmen kita. Dengan demikian, kita dapat semakin hari bertumbuh dalam suasana persaudaraan dengan semua orang. Suasana harmonis dapat kita ciptakan untuk kehidupan bersama kita. Tuhan memberkati. (BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?